TUJUAN DAN SASARAN
DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT
 
  
Sebagaimana visi dan misi yang sudah ditetapkan sebelumnya serta memperhatikan faktor penentu / kunci keberhasilan, selanjutnya perlu ditetapkan tujuan, sasaran dan strategi pembangunan pendidikan untuk kurun waktu satu sampai dengan lima tahun mendatang.  Misi Pertama “Optimalisasi kapasitas sumberdaya kelembagaan dinas pendidikan dalam upaya mewujudkan tatakelola yang prima, akuntabel guna tercapainya good governance bidang pendidikan”, terdiri dari 3 (tiga) tujuan dan 4 (empat) sasaran strategis a. Tujuan. Meningkatnya kualitas perencanaan, pengendalian dan koordinasi pembangunan pendidikan di Kab. Tanjung Jabung Barat. Terwujudnya transparansi dan akuntabilitas tata kelola pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan Kab. Tanjung Jabung Barat. Tersedianya sumber daya pelayanan yang baik, tepat dan memadai. b. Sasaran Tersedianya rencana pembangunan pendidikan Kab. Tanjung  Jabung Barat. Tersedianya informasi pendidikan yang baik dan informatif tahun 2012-2015 Tersedianya pertanggungjawaban pembangunan pendidikan Kab. Tanjung Jabung Barat yang akuntabel. Tersedianya sumber daya pelayanan Dinas Pendidikan Kab. Tanjung Jabung Barat.

Misi Kedua : “Meningkatkan upaya-upaya ketersediaan dan keterjangkauan layanan pendidikan, peningkatan mutu dan daya saing serta relevansi pendidikan secara efisien dan efektif”, terdiri dari 5 (lima) tujuan dan sasaran strategis :
 a. Tujuan
Meningkatkan penyelenggaraan dan mutu penyelenggaraan  pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kab. Tanjung Jabung Barat.
Meningkatkan penyelenggaraan dan mutu penyelenggaraan pendidikan dasar di Kab. Tanjung Jabung Barat.
Meningkatkan    penyelenggaraan,    mutu    dan    relevansi   penyelenggaraan  pendidikan menengah     dan     tinggi   Kabupaten   Tanjung  Jabung  Barat.
Meningkatkan penyelenggaraan dan mutu penyelenggaran Pendidikan Khusus (PK) dan Pendidikan Layanan Khusus (PLK).
Meningkatkan     penyelenggaraan,   mutu      dan   relevansi  Penyelenggaraan  pendidikan  nonformal   dan  informal di  Kab. Tanjung Jabung Barat.
 b. Sasaran
Meningkatnya kuantitas dan kualitas pelayanan pendidikan  anak usia dini di Kab. Tanjung Jabung Barat.
Meningkatnya kuantitas dan kualitas pelayanan pendidikan anak usia sekolah pendidikan dasar formal di Kab. Tanjung Jabung Barat.
Meningkatnya kuantitas dan kualitas pelayanan pendidikan anak usia sekolah pendidikan menengah formal di Kab. Tanjung Jabung Barat.
Meningkatnya kuantitas dan kualitas pelayanan pendidikan anak berkebutuhan khusus di Kab. Tanjung Jabung Barat.
Meningkatnya kuantitas dan kualitas pelayanan pendidikan bagi masyarakat yang karena sebab tertentu tidak mendapatkan pelayanan pendidikan formal di Kab. Tanjung Jabung Barat.