STRATEGI DAN KEBIJAKAN
DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT
 
   
Berdasarkan visi, misi, tujuan dan sasaran strategis yang telah dirumuskan sebelumnya serta memperhatikan kekuatan/kelemahan yang dimiliki dan peluang-peluang/ancaman yang ada, selanjutnya dirumuskan strategi pembangunan pendidikan dalam periode lima tahun mendatang. Strategi merupakan cara mencapai sasaran-sasaran strategis secara nyata yang menuntun pencapaian tujuan dan visi organisasi pada akhirnya. Strategi Pelaksanaan Misi Pertama Strategi dalam rangka mencapai tujuan strategis “meningkatnya kualitas perencanaan, pengendalian dan koordinasi pembangunan pendidikan Kab. Tanjung Jabung Barat”, dengan sasaran strategis meningkatnya kualitas perencanaan pembangunan pendidikan Kab. Tanjung Jabung Barat, yaitu ditempuh melalui Perencanaan pembangunan pendidikan disusun bersama oleh pengelola pada Dinas Pendidikan dengan melibatkan stakeholders yang memahami permasalahan pengelolaan pendidikan di Kab. Tanjung Jabung Barat. Strategi dalam rangka mencapai tujuan strategis “Terwujudnya transparansi dan akuntabilitas tata kelola pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan Kab. Tanjung Jabung Barat”, dengan sasaran strategis tersedianya informasi pendidikan yang baik dan informatif tahun 2011-2016, yaitu ditempuh melalui pembangunan dan pengembangan sistem informasi manajemen pendidikan yang handal dan informatif dengan tetap memperhatikan prinsip kehematan. Strategi dalam rangka mencapai tujuan strategis “Tersedianya sumber daya pelayanan yang baik, tepat dan  memadai”, dengan sasaran strategis tersedianya pertanggungjawaban pembangunan pendidikan Kab. Tanjung Jabung Barat yang transparan dan akuntabel, yaitu ditempuh melalui pembangunan dan pengembangan sistem pertanggungjawaban pendidikan yang akuntabel dengan tetap memperhatikan prinsip kehematan serta meningkatkan tata kelola sarana dan prasarana aparatur dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi aparatur untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya.

Strategi Pelaksanaan Misi Kedua

  • Strategi dalam rangka mencapai tujuan “meningkatkan penyelenggaraan dan mutu penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kab. Tanjung Jabung Barat”, dengan sasaran strategis meningkatnya anak usia dini yang mendapatkan pelayanan pendidikan pra sekolah yang berkualitas, ditempuh dengan cara membangun komunikasi, koordinasi dan sinergitas program dalam rangka meningkatkan mutu dan aksesibilitas masyarakat pada layanan pendidikan pra sekolah dengan Dinas Instansi terkait di Pusat maupun Daerah serta dengan masyarakat dan stakeholders pendidikan lainnya.
  • Strategi dalam rangka mencapai tujuan “meningkatkan penyelenggaraan dan mutu penyelenggaraan pendidikan dasar di Kab.Tanjab Barat”, dengan  sasaran strategis meningkatnya anak usia sekolah SD dan SMP yang mendapat pelayanan pendidikan dasar formal yang berkualitas  ditempuh dengan cara Membangun komunikasi, koordinasi dan sinergitas dalam rangka meningkatkan mutu dan aksesibilitas masyarakat pada layanan pendidikan dasar dengan UPTD, Departemen Pendidikan Nasional, masyarakat dan stakeholders pendidikan lainnya.
  • Strategi dalam rangka mencapai tujuan “meningkatkan penyelenggaraan, mutu dan relevansi penyelenggaraan pendidikan menengah dan tinggi di Kab. Tanjung Jabung Barat”, dengan sasaran strategis meningkatnya anak usia sekolah mendapatkan pendidikan menengah formal yang berkualitas, ditempuh dengan cara membangun komunikasi, koordinasi dan sinergitas dalam rangka meningkatkan mutu dan relevansi serta aksesibilitas masyarakat pada layanan pendidikan menengah dengan, Departemen Pendidikan Nasional, masyarakat dan stakeholders pendidikan lainnya.
  • Strategi dalam rangka mencapai tujuan strategis   “Meningkatkan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan”, dengan sasaran strategis meningkatnya Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan  ditempuh dengan cara memudahkan aksesibilitas Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam mengikuti bimbingan teknis, lokakarya, serta pengembangan karir.
  • Strategi dalam rangka mencapai tujuan “Meningkatkan penyelenggaraan, mutu dan relevansi penyelenggaraan pendidikan nonformal dan informal”, dengan sasaran strategis meningkatnya masyarakat yang karena sebab tertentu tidak mendapat pendidikan formal terserap dalam pendidikan non formal yang berkualitas, ditempuh dengan cara membangun komunikasi, koordinasi dan sinergitas dalam rangka meningkatkan mutu dan relevansi serta aksesibilitas masyarakat pada layanan pendidikan non formal dengan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Departemen Pendidikan Nasional, masyarakat dan stakeholders pendidikan lainnya.